-->

Syarat Terjadinya Hubungan Sosial dan Fungsinya

Roni21.com Syarat-Syarat Terjadinya Hubungan Sosial dan Fungsinya - Hubungan sosial merupakan sebuah interaksi saling mempengaruhi antar manusia (mahluk sosial). Karena pada dasarnya manusia adalah seorang mahluk sosial, artinya mereka tidak bisa hidup sendirian. Manusia membutuhkan yang namanya hubungan sosial, dengan demikian hubungan sosial adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia.

Hubungan Sosial bisa berbentuk interaksi atau hubungan timbal balik antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok serta individu dengan kelompok. Tujuan melakukan hubungan atau interaksi sosial adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam bermasyarakat. Sehingga tercipat nilai-nilai sosial, hubungan baik, atau paling tidak muncul komunikasi.

Syarat Terjadinya Hubungan Sosial dan Fungsinya

Fungsi Hubungan Sosial Dalam Pembentukan Kepribadian

Sadar atau tidak, hubungan sosial yang dilakukan manusia sebenarnya akan membentuk kepribadian orang tersebut. Termasuk didalamnya nanti, adanya faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang diantaranya; faktor keturunan, alam sekitar, kebudayaan, dan sosial.

Syarat Terjadinya Hubungan Sosial

Ada dua syarat utama sesuatu bisa disebut sebagai hubungan sosial, yaitu:

1. Kontak Sosial

Secara bahasa, kontak bisa diartikan sebagai berhubungan secar fisik. Namun salam pengertiannya secara sosiologi, kontak bisa dilakukan dengan cara bertatap muka, berhadapan, berkomunikasi secara langsung maupun secara tidak lagsung termasuk secara audio atau visual.

Kontak sosial biasanya dibagi menjadi dua yaitu yang bersifat primer dan skunder. Kontak yang bersifat primer maksudnya adalah adanya kontak yang terjadi secara langsung. Misalkan dengan bertatap muka, saling sapa, atau bersentuhan secara fisik seperti besalaman. Sedangkan kontak sosial yang sifatnya skunder akan terjadi apabila dilakukan melalui perantara seperti surat kabar atau media semacamnya.

2. Komunikasi Sosial

Komunikasi adalah sebuah hubungan saling bertukar informasi, dimana ada yang berfungsi sebagai penyampai informasi dan penerima informasi. Artinya, komunikasi hanya bisa terjadi ketika ada dua orang yang saling berinterksi. Dalam proses komunikasi ini terjadi istilah aksi dan reaksi, atau pengiriman informasi dan penyerapan informasi. Untuk cara komunikasi bisa disampaikan dengan berbicara atau bisa juga menggunakan bahasa isyarat.

Dengan adanya komunikasi, maka sudah bisa dipastikan adanya sebuah timbal balik antara pengirim informasi dan penerima informasi. Proses panjang inilah yang disebut sebagai komunikasi.

Fungsi dan Syarat Terjadinya Hubungan Sosial

Ciri-Ciri Hubungan Sosial

Interaksi sosial merupakan buah dari sebuah hubungan sosial, maka bisa dijabarkan mengenao ciri-ciri terjadinya hubungan sosial.

Dilakukan minimal oleh dua orang atau lebih

Apakah hubungan sosial bisa terjadi ketika hanya ada subjek tanpa objek atau sebaliknya. Maka hal ini tidak bisa dikatakan sebagai sebuah hubungan sosial. Karena hubungan sosial adalah adanya sebuah interaksi antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok serta individu dengan kelompok.

Terjadi kontak sosial

Syarat untuk bisa dikatakan sebagai sebuah hubungan sosial adalah terjadinya kontak antara subjek dan objek. Kontaknya bisa menggunakan kontak yang secara lagsung atau tidak langsung, tergantung kontak seperti apa yang akan digunakan dalam sebuah hubungan sosial.

Terjadi komunikasi

Terjadinya komunikasi adalah salah satu ciri sesuatu merupakan sebuah hubungan sosial. Karena perlu diingat kembali bahwa dalam sebuah hubungan sosial aka selalu ada komunikasi. Artinya akan selalu ada subjek dan objeknya, atau sederhanaya ada pengirim pesan dan penerima pesan.

Mempunyai maksud dan tujuan

Segala sesuatu yang dilakukan manusia pastilah memiliki maksud dan tujuan, tidak terkecuali dengan hubungan sosial. Karena fungsi dari sebuah hubungan sosial salah satunya adalah menjalin interaksi antara satu dengan yang lain.

Menghasilkan interaksi

Jika tidak terjadi interaksi, maka hal tersbut tidak bisa disebut sebagai sebuah hubungan sosial. Karena hubungan sosial tidak bisa lepas dari sebuah interaksi sosial. Karena interaksi sosial adalah faktor utama terciptanya sebuah hubungan sosial.

0 Response to "Syarat Terjadinya Hubungan Sosial dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel